News

Reputasi Perusahaan dan Personal Branding di Era Baru

Jakarta, 11 Juni 2021 – Dalam rangka menpererat silahturahmi anggota, Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHUMAS) kembali mengadakan PERHUMAS Halal Bihalal. Di tahun 2021 ini halal bihalal diadakan secara berbeda melalui tatap muka virtual.

Mengangkat topik “Reputasi Perusahaan dan Personal Branding di Era Baru”, dengan mengundang Peneliti dan Pengajar Vokasi UI sekaligus Tenaga Ahli Menteri Kominfo, Dr. Devie Rahmawati, Wakil Ketua Umum PERHUMAS, Boy Kelana Soebroto, dan VP Marketing Brand Smartlegal.id sekaligus Ketua BPC PERHUMAS Malang Raya, Andina Paramitha. Dan dipandu oleh Bidang Pengembangan PERHUMAS Muda, Arninta Puspitasari. (11/6)

Personal branding adalah cara bagaimana kita menunjukan kredibilitas  serta bisa membangun jaringan kita dan tentunya bisa membangun opportunity untuk teman-teman kita. Bicara mengenai personal branding, apakah itu visibility atau ability. Jika kita menginginkan yang kekal pilih ability. Visibility bisa saja, tetapi jangan dibangun dari kerangka yang sifatnya sensasi atau kontroversi.  

“Personal branding yang baik berawal dari karakter yang memang sudah menjadi sesuatu miliki anda. Karena citra yang kekal berawal dari karakter yang kuat,” ujar Devie.

Salah satu Group Band asal Korea yaitu BTS (Bangtan Seonyeondan) dapat dijadikan sebagai contoh salah satu Group Band yang dapat membangun relasi baru antar fans dan idola dengan menggunakan betul tools di ruang digital.

BTS membuat para fans mereka begitu dekat dan tidak melihat mereka sebagai seseorang yang ada dilangit yang kemudian tidak bisa disentuh. Ini menarik bagaiamna mereka membangun Brand mereka, kecintaan mereka dengan cara mereka mendekatkan diri mereka menggunakan tools digital. Apa yang dilakukan oleh BTS ini tidak dilakukan oleh artis lainnaya dalam konten personal branding.

Devie mengatakan bahwa, jika kita ingin membangun personal branding diranah digital, kita harus bisa menunjukan perbeda yang kita miliki.

Selain itu, berbicara mengenai corporate branding. Corporate branding adalah penerapan penggunaan nama perusahaan sebagai merek produk serta menjamin kualitas produk dari perusahaan.

PR dan Corcomm memiliki tantangan dalam membangun corporate branding yaitu, teknologi, globalisasi, riset, edukasi, recruitment.

Ada beberapa tips untuk Corporate branding yaitu, memberikan info merek terperinci, menentukan strategi yang tepat, memperhatikan penampilan dan karakteristik merek, menjalin komunikasi baik, dan menjaga kepercayaan konsumen.