News

PERHUMAS Muda Semarang Ajak Masyarakat Ketahui Lebih Banyak Peran Public Relations

Semarang, 30 Oktober 2021 – Pada peringatan hari humas nasional, PERHUMAS Muda Semarang mengajak para masyarakat untuk mengetahui lebih banyak peran public relations dalam memengaruhi persepsi publik dengan media sosial, melalui talkshow bersama PR specialist dan influencer.

Dalam kegiatan, yang sekaligus peresmian website PERHUMAS Muda Semarang, disebutkan seorang public relations atau humas pada era digital harus mampu mengikuti arus perkembangan zaman.

“Kami sebagai praktisi public relations dalam influence publik harus mengemas dan menyampaikan pesan dengan menggunakan pendekatan yang tepat, kita juga harus melihat kondisi audience, dan kondisi lingkungan” ujar S.Hery Kurniawan sebagai Bendahara Umum PERHUMAS, via Zoom, belum lama ini.

Saat ini penggunaan media sosial semakin banyak, mereka banyak memperoleh informasi melalui tayangan dan konten dalam berbagai platform.

Hal ini menjadi salah satu sarana yang dapat dimanfaatkan oleh public relations dalam menyebarkan pesan atau informasi yang dituju, terlebih di saat pandemi seperti ini di mana segala bentuk aktivitas sosial masih terbatas.

Belum lagi, penyampaian pesan dan informasi melalui media sosial menjadi solusi yang efektif untuk mencapai target audience.

Secara umum, sasaran kegiatan public relations, baik swasta maupun pemerintah adalah menciptakan opini publik yang menguntungkan perusahaan atau lembaga pemerintah yang bersangkutan, pentingnya personal branding ini mempengaruhi besarnya pengaruh dalam mempengaruhi publik.

“Sangat penting personal branding dalam menginfluence publik, jika kita mempunyai personal branding yang baik, pasti orang lain akan trust menggunakan produk yang kita tawarkan” ujar Gardian Muhammad sebagai CEO Gerakan Mengajar Desa.

Strategi komunikasi kehumasan sangat penting karena dapat membangun image perusahaan dan menciptakan brand awareness terhadap publik.

Dalam mempersiapkan strategi komunikasi, seorang PR harus mengerti value yang dibawa oleh perusahaan agar dapat dengan mudah menentukan tujuan dan target audiens.

Di sisi lain, personal branding seorang PR itu sangat penting. Personal branding saat ini mudah dilakukan di sosial media khususnya Instagram.

“Pengoptimalan berbagai fitur instagram juga dilakukan juga di Youth and Beauty Clinic, seperti IG TV, IG Live, dan Reels, Selama empat bulan terakhir, Instagram sangat meningkatkan brand awareness perusahaan,” ujar Una Agnita selaku head of PR Youth and Beauty Clinic.

Dalam membuat strategi komunikasi, salah satu cara untuk mempengaruhi atau meng-influence publik dapat dilakukan dengan personal branding.

Hal ini dapat dibangun melalui pengenalan yang baik tentang diri sendiri dan tim. Membangun kepercayaan publik melalui konten yang menarik dan bertanggung jawab. Brainstorming perlu dilakukan berkala agar konten yang dihasilkan maksimal. Sumber: suaramerdeka.com