News

Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHUMAS) sebagai Community Partner IABC Indonesia Conference 2024: “Trends 2025: Purposeful Impact”

Jakarta, 30 Desember 2024 – International Association of Business Communicators (IABC) – Indonesia Chapter kembali menggelar konferensi tahunannya, kali ini dengan mengumumkan tren PR 2025, yaitu Purposeful Impact. Perhumas merupakan Associate Partner di ajang bergengsi ini, bersama dengan mitra profesi serupa, yaitu APPRI dan Iprahumas.

Konferensi yang bertema “Trends 2025: Purposeful Impact”  mempertemukan praktisi PR, profesional komunikasi, serta pemimpin bisnis untuk berbagi wawasan dan strategi komunikasi yang membangun kepercayaan, transparansi, dan kredibilitas dalam berinteraksi dengan publik. 

President IABC Indonesia, Elvera N. Makki, S.IP., MBA, ABC, SCMP, yang juga dosen komunikasi, public relations, dan kewirausahaan LSPR, menjelaskan, “Purposeful Impact merupakan tren yang dibentuk oleh IABC Indonesia untuk tahun 2025, yaitu mengajak seluruh praktisi komunikasi untuk memiliki tujuan yang jelas dalam menjalankan strategi dan program komunikasi, sehingga memberikan dampak atau impact yang bermakna bagi target audience dan stakeholders-nya.”

 Elvera N. Makki, Presiden IABC Indonesia, menyambut para peserta dan menjelaskan mengenai Tren PR 2025: Purposeful Impact.

Beliau melanjutkan, “Dampak yang berorientasi pada tujuan dalam komunikasi melampaui sekadar menyampaikan informasi. Setiap profesional di bidang komunikasi harus dapat membangun kepercayaan, menginspirasi tindakan, dan menciptakan hubungan yang berkelanjutan dengan pemangku kepentingannya. Teknologi memiliki peranan penting di tahun 2025 dalam cara kita berkomunikasi dan berinovasi, untuk itu kemajuan teknologi dan literasi digital menjadi fokus kami di IABC. Sebagai komunikator, peran kita adalah juga menyampaikan tujuan yang jelas dan relevan, yang sejalan dengan nilai-nilai organisasi serta para pemangku kepentingannya. Dengan strategi komunikasi yang inklusif, transparan, dan empatik, kita dapat memastikan bahwa setiap pesan tidak hanya menyentuh hati, tetapi juga mendorong perubahan bermakna untuk mencapai visi bersama.”

International Association of Business Communicators (IABC) – Indonesia Chapter IABC merupakan asosiasi non-profit bagi para praktisi dan profesional komunikasi, termasuk Public Relations, Corporate Affairs, Business Communicators, Corporate Social Responsibility/Sustainability, dan Government Relations untuk menyatukan disiplin profesi berskala global, serta saling berbagi praktik inovatif terbaik melalui pengalaman, berjejaring, dan edukasi. Sedangkan induk dari IABC Indonesia yaitu IABC, yang berkantor pusat di Chicago, negara bagian Illinois, Amerika Serikat, telah berdiri lebih dari setengah abad yang lalu. Sebagai komunitas terbesar di dunia dalam bidang PR dan komunikasi, keanggotaan IABC meliputi lebih dari 40 negara termasuk Indonesia dan memiliki lebih dari 5.000 anggota. Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi iabc.com, iabcapac.com, dan iabcindonesia.com.

IABC Indonesia Conference menghadirkan 3 pembicara kunci dan 3 sesi panel dengan narasumber yang kredibel, termasuk pakar PR dari luar negeri, sehingga memberikan wawasan baru dan peluang berjejaring dengan nilai tambah berskala internasional bagi para peserta.⁣

Konferensi IABC Indonesia menghadirkan pembicara kunci, yaitu Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi, yang mengatakan bahwa komunikasi yang dibutuhkan saat ini adalah komunikasi persuasif, bukan propagandis dan provokatif. Lanjutnya, tren Purposeful Impact dari IABC selaras dengan tujuan komunikasi pemerintah Republik Indonesia. Diharapkan IABC menjadi bagian dari kampanye besar pemerintah untuk menuju Indonesia Emas 2045.”


Kemudian dilanjutkan dengan sesi panel pertama bertema “Beyond Traditional Communications through AI-Driven Engagement” yang disampaikan oleh empat panelis, yaitu Ferro Ferizka, Executive Director Pijar Foundation; Jihan Aryani, Country Community Manager for Canva; Tyo Guritno, CEO & Co-Founder of Inspigo; dan Adrian Cropley, Distinguished Advisor IABC Indonesia; serta Dwi Fatan Lilyana, Director of HR, Education and Research RSCM, sebagai moderator. Sesi ini mengulas bagaimana perusahaan dalam memanfaatkan AI untuk memperkuat keterlibatan audiens, meningkatkan efisiensi, dan tetap relevan di era digital yang terus berkembang.

Dari kiri ke kanan: Jeanekewaty Sindy Niode (Direktur Sponsorship dan Acara, IABC Indonesia Chapter), Dwi Fatan Lilyana (Direktur SDM, Pendidikan dan Penelitian RSCM), Ferro Ferizka (Direktur Eksekutif, Pijar Foundation), Jihan Aryani (Country Community Manager, Canva), Tyo Guritno (CEO & Co-Founder Inspigo), Elvera N. Makki (Presiden IABC Indonesia) setelah diskusi bermakna tentang pemanfaatan AI untuk komunikasi yang berdampak dan inovatif.

Sesi panel kedua dipandu oleh Elvera N. Makki, Presiden IABC Indonesia sebagai moderator dengan menghadirkan tiga ahli komunikasi sebagai panelis, yaitu Hera F. Haryn, EVP Corporate Communication and Social Responsibility, BCA; Dr. (H.C.) Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR, FIPR, Founder dan CEO, LSPR Institute of Communication & Business; Tri Mumpuni, Anggota Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional. Sesi ini membahas tentang “Trust in Transparency & Ethics: Authenticity Matters” yang menyoroti pentingnya membangun kepercayaan di era digital saat ini, di mana transparansi dan etika menjadi elemen kunci dalam setiap strategi komunikasi.

Dari kiri ke kanan: Hera F. Haryn (EVP Corporate Communication and Social Responsibility, BCA), Dr. (H.C.) Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR, FIPR (Founder dan CEO, LSPR Institute of Communication & Business), Tri Mumpuni (Anggota Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional), Elvera N. Makki (President IABC Indonesia), Donna Priadi (Direktur Strategic Partnership IABC Indonesia) setelah diskusi hangat tentang membangun kepercayaan, transparansi, etika, dan keaslian.

Sesi panel diakhiri dengan pembahasan tentang “Sustainable Speaks: Communications Strategies Amidst Socially Conscious Audiences” yang dipresentasikan oleh empat panelis ahli, yaitu Arif Mujahidin, Corporate Communications Director, Danone Indonesia; Angkie Yudistia, Pakar Komunikasi dan Inklusivitas; Andry P. Santos, General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel; dan Edward Manaor Siahaan, Manager CSR & SMEPP PT Kilang Pertamina Internasional, dengan Donna Priadi, Director of Strategic Partnership IABC Indonesia sebagai moderator. Sesi ini membahas pentingnya menyelaraskan pesan perusahaan dengan nilai-nilai keberlanjutan dan tanggung jawab sosial, termasuk tentang inklusivitas dan women leadership.

Dari kiri ke kanan: Jeanekewaty Sindy Niode (Direktur Sponsorship dan Acara, IABC Indonesia Chapter), Donna Priadi (Direktur Kemitraan Strategis IABC Indonesia), Arif Mujahidin (Corporate Communications Director, Danone Indonesia), Angkie Yudistia (Pakar Komunikasi dan Inklusivitas), Andry P. Santoso (General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel), Edward Manaor Siahaan (Manager CSR & SMEPP PT Kilang Pertamina Internasional), dan Elvera N. Makki (Presiden IABC Indonesia) setelah diskusi interaktif tentang menyelaraskan strategi komunikasi dengan tanggung jawab sosial dan nilai-nilai audiens.

Selain menyelenggarakan konferensi, IABC Indonesia juga menggelar IABC Indonesia Awards yang diikuti oleh berbagai perusahaan untuk meraih penghargaan Impactful Communication Awards  dan Impactful Public Relation Awards. 

Menteri Komunikasi dan Digital, Kementerian Komunikasi dan Digital Republik Indonesia, Meutya Vidia Hafid menyampaikan pidato kunci yang mengapresiasi IABC Indonesia Awards 2024 dan memberikan selamat bagi seluruh pemenang di ajang kompetisi bergengsi ini. “Acara ini merupakan bukti nyata dari semangat kolaborasi dan juga inovasi yang terus berkembang di dunia komunikasi. Di era yang semakin terkoneksi ini, komunikasi yang efektif dan juga literasi digital yang baik adalah jembatan untuk menciptakan masyarakat yang cerdas, kritis, dan siap menghadapi tantangan global. Dengan literasi digital yang kuat, kita bukan hanya menghadapi tantangan, tapi juga menciptakan peluang baru untuk perkembangan ekonomi, pendidikan, dan sosial. Ini adalah pondasi untuk menghadapi masa depan, dimana teknologi dan komunikasi akan semakin saling terhubung. Oleh karena itu, kementerian komunikasi dan digital berkomitmen untuk terus meningkatkan program edukasi literasi digital bagi seluruh elemen masyarakat, untuk menciptakan generasi yang mampu memilah informasi yang valid, menangkal hoax, dan juga menggunakan teknologi untuk menciptakan solusi yang bermanfaat untuk masyarakat.”

Meutya Hafid, Menteri Komunikasi dan Digital, Republik Indonesia saat menjadi Keynote Speaker pada IABC Indonesia Awards 2024: Awarding Night, menekankan pentingnya strategi komunikasi yang efektif dalam menumbuhkan literasi digital dan mendorong praktik etis di lanskap digital Indonesia yang berkembang pesat. Ibu menteri mengapresiasi IABC Indonesia Awards dan mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang.

Wakil Gubernur Jawa Timur  periode 2019-2024, Emil Elestianto Dardak dalam pidato kunci pada IABC Indonesia Awards 2024 mengatakan, “Di perpolitikan Indonesia, yang berdasarkan pemilihan langsung, termasuk pemilihan presiden, pola-polanya turut berubah, yaitu pola komunikasi, partisipasi publik di dalam politik, serta kebutuhan dan kesadaran sektor publik terhadap komunikasi juga semakin meningkat.” 

Lanjutnya, “Dengan demikian, tren yang dirancang IABC dengan purposeful dan impactful communication, benar-benar harus dijalankan, bahwa a good campaign itu memang bukan hanya focusing on one single activity, tapi series of activities yang tujuannya harus jelas. Dengan demikian, memberikan dampak optimal bagi pemangku kepentingannya, dalam hal ini masyarakat luas.”

Para peraih anugerah Awards of Merit dalam kategori Impactful Communications Awards adalah Yayasan Pijar Masa Depan, PT PLN (Persero), PT Pertamina Hulu, dan PT Vale Indonesia Tbk.

Sedangkan para peraih penghargaan Awards of Merit kategori Impactful Public Relations Awards, adalah PT Pertamina Hulu Indonesia, PT Pertamina (Persero), Sumbawa Timur Mining, PT PLN (Persero), VMCS Advisory Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk, Flashback Motion, PT PLN Energi Primer Indonesia, dan Kandi Imaji (PT Srikandi Imaji Lintaskreasi).

Penghargaan Awards of Excellence kategori Impactful Communications Awards diraih oleh Wartsila, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Prov. Kal-Ut, PT PLN (Persero) Bapak Darmawan Prasodjo, Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbudristek, PT GLOSKIN, dan Yayasan Filantra.

Peraih Award of Excellence kategori Impactful Public Relations Awards adalah PT Bank Central Asia Tbk, PT Pertamina Hulu Indonesia, dan PT PLN (Persero). 

Penerima penghargaan Top 10 IABC Awards 2024 adalah Sumbawa Timur Mining, PT Pertamina Hulu Indonesia, Yayasan Pendidikan Investasi Muda Indonesia (Let’s Invest Girls), Great Giant Foods, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Prov. Kal-Ut, PT PLN (Persero) Bapak Gregorius Adi Trianto, PT PLN (Persero), dan Yayasan Pijar Masa Depan.